PENGARUH FAKTOR PENDAPATAN DAN PENDIDIKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SEPEDA MOTOR DI KECAMATAN KARIMUN KEPULAUAN RIAU

Dina Fara Waidah

Abstract


Penelitian ini berawal dari pesatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, pertumbuhan ekonomi yang pesat ini ditandai dengan meningkatnya jumlah perusahaan dari waktu ke waktu, ini berarti suatu pasar persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan yang ketat ini maka pihak perusahaan berkompetisi dalam pasar dengan usaha untuk memenuhi kebutuhan, keinginan serta kehendak dari masyarakat atas konsumen. Dari faktor internal dan eksternal ini penulis hanya mengambil sub factor demografi, khususnya pendapatan dan pendidikan, sebab faktor itulah yang dianggap dominan dan relevan. Populasi ini adalah konsumen yang membeli sepeda motor di Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara random sampling sebanyak 120 responden, sedangkan teknik analisa datanya mengunakan teknik analisi regresi ganda. Hasil perhitungan menunujukkan F reg hitung = 71,541 > Ftabel 5% = 3.07 yang berarti tingkat pendapatan dan pendidikan konsumen mempunyai hubungan terhadap pembelian sepeda motor di Kecamatan Karimun. Sumbangan relative factor pendapatan konsumen sebesar 96,190% sedang sumbangan relative factor pendidikan konsumen sebesar 3,180% ini berarti bahwa factor pendapatan mempunyai pengaruh lebih besar terhadap pembelian sepeda motor dari pada factor pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.