PENGARUH PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR, PERSONALITAS GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI DI SMA ADABIAH 2 PADANG

jon maizar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengungkapkan bagaimana pengaruh Proses Belajar Mengajar, Personalitas Guru dan minat belajar secara simultan dan parsial terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa kelas XI menggunakan metode pengumpulan data dalam bentuk kuesioner dan metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi berganda. analisis. Penelitian ini memilih objek penelitian kepada Siswa SMA Adabiah 2 Padang dan pengumpulan data dilakukan dengan data primer dan data sekunder dengan metode Proposal Random Sampling yaitu masing-masing siswa diambil secara acak sehingga sampel penelitian ini adalah 75 siswa, pengambilan sampel adalah dilakukan dengan metode distribusi kuesioner. Hasil variabel belajar mengajar, personalitas guru dan minat belajar siswa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa  kelas XI di SMA Adabiah 2 Padang. Variabel dalam proses belajar mengajar secara parsial memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap prestasi belajar matematika kelas XI, variabel Personalitas guru berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap prestasi belajar matematika kelas XI, sedangkan variabel minat belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kelas XI diSMA Adabiah 2 Padang. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan spss versi 21 for windows.

Kata kunci: Proses Belajar Mengajar, Personalitas Guru, Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar      Matematika Kelas XI.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2002). Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.

,(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdullah.(2008). Hakikat Pembelajaran Matematika. http://cumanulisaja. blogspot.com/2012/10/hakekat-pembelajaranmatematika-di-sd.html

Azwar, S.(2000). Sikap Manusia : Teori dan Pengukuran. Yogyakarta : Liberty.

Abdurrahman.(2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Adi Satrio, (2005). Kamus Imiah Populer. Visi 7.

Asep Jihad, 2008, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta : Multi Pressindo.

Admin.(2010). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar.http:// belajarpsikologi.com/faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar/. (28 Mei 2012)

B.Uno, Hamzah.(2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

. 2010. Desain Pembelajaran. Bandung: Publishing.

Bedard, J., dan S. Biggs. 1991. Pattern Recognition, Hypotheses Generation, and Auditor Performance in An Analytical Task. The Accounting Review. 66 (3): 622-642.

Baharuddin. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta

Darmadi, Hamid (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung ; Pustaka Setia.

Dalyono, (2005). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

E. Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Suparlan.

, (2003). Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

H. Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara

Haryati, Mimin. (2008). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara: Jakarta

Husein Umar, (1999), “Riset SDM dalam Organisasi.”, Yogyakarta, PT.Gramedia pustaka utama.

Kuncoro, Mudrajat, (2003), Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti& Menulis Tesis: Erlangga :Jakarta

Kartono Kartini. (1990). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002;291). Departemen Pendidikan Nasional Edisi ke-3.Balai. Pustaka, Jakarta.

Masngundi dan Noor Salim, M (2012). Metodologi Penelitian, Jakarta:Trianandra University Press

Martinis Yamin. (2007) Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung Persada.

Mikhelson (Djamarah, Syaiful Bahri.2000) . Psikologi Belajar. Banjarmasin : Rineka Cipta.

Notoatmodjo,s. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Nurkancana. (2007). Pemahaman dan Prestasi Belajar pada Peserta Didik. Rineka Cipta: Jakarta

Oemar, Hamalik (2005). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Purwanto.(2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ronnie M. Dani, (2005). Seni Mengajar dengan Hati. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Suryabrata, Sumadi. 2007. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Suryadi Suryabrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

.(2007). Active learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

. (2008). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.