Pelaksanaan Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Karyawan Pada PT. Merangin Karya Sejati Muara Bungo

Hamirul - Hamirul

Abstract


Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) memegang peranan yang sangat penting dan utama dalam kegiatan operasional perusahaan. Apalagi persaingan industrialiasi yang semakin ketat menimbulkan intensitas kerja yang menyebabkan pula meningkatnya resiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Masalah yang sering muncul adalah kurangnya perhatian perusahaan terhadap aspek manusiawi yaitu pemberian jaminan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) karyawan.

penelitian ini mengggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan alasan penelitian kualitatif memandang lebih luas..

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Merangin Karya Sejati Muara Bungo telah melaksanakan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) karyawannya hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan karyawannya pada BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu juga diterbitkan surat keputusan direktur tentang pedoman penyelenggaraan peralatan keselamatan dan kesehatan kerja. Perusahaan memberikan alat pelindung diri dan memasang spanduk dilingkungan kerja sebagai himbauan agar pekerja selalu mengutamakab keselamatan dan kesehatan kerja.

Hambatan dalam pelakasanaan program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada PT. Merangin Karya Sejati Muara Bungo antara lain masih terbatasnya peralatan keselamatan dan kesehatan kerja, belum adanya pelatihan dan keterampilan keselamatan dan kesehatan kerja serta keletihan fisik, mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan, bertindak lalai ceroboh, factor usia dan pengalaman kerja, kondisi lingkungan kerja yang tidak aman.

Upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan tersebut adalah melakukan ketentuan pengadaan peralatan kerja, melakukan kerjasama dengan pihak luarĀ  untuk melakukan pelatihan dan keterampilan keselamatan dan kesehatan kerja, melakukan pengawasan dan tanggungjawab disetiap unit kerja, melakukan identifikasi bahaya lingkungan kerja dan melakukan tindakan pertolongan pertama.


Keywords


Pelaksanaan K3, PT Merangin Karya Sejati, Muara Bungo

Full Text:

PDF

References


Bennet Silalahi, Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Bina Rupa Aksara, Jakarta,1995

Dewi Hanggraini, Pengelolaan Resiko Usaha, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta, 2010

Lexy J. Moloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif,PT. Remaja Rosdakarya, , Bandung, 2007

Mutiara S. Panggabean, Manajemen Sumber Daya Manusia,Ghalia Indonesia, , Bogor, 2002

Rijal Abdullah, Keselamatan dan Kesehatan Kerja,UNP Press, Padang, 2000

Soedarjadi, Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia,Panduan Bagi Pengusaha, Pekerja dan Calon Pekerja Cetakan I , Pustaka Yustisia, Yogyakarta,2008

Soekidjo Notoatmodjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia,Rineka Cipta, Jakarta, 2009

Sugiyono,Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D,Alfabeta, Bandung,2011

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi,Alfabeta, Bandung, 2010

Tulus Agus, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta, 1989

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 Bab IX Pasal 13 tentang Kewajiban Bila Memasuki Tempat kerja


Refbacks

  • There are currently no refbacks.